Selasa, 15 November 2016

B A H A Y A B A G I P A S I F I S

Dakwah adalah fitroh setiap paham.Dengan dakwah, menyebarlah ideologi.Apapun itu.Bahka Iblis la'natulloh berdakwah tanpa henti siang dan malam sampai hari kiamat untuk sesatkan manusia.

Begitu pula Islam.Alloh mewajibkan umatnya tuk berdakwah.Rosululloh Saw dan para sahabat tidak diam.Tak hanya jadi ahli ibadah,tapi juga da'i-da'i dan mujahid2 Alloh yg handal.Mengeluarkan manusia dari kegelapan syirik menuju cahaya iman(tauhid).

Alloh Ta'ala menjanjikan pahala,predikat dan kedudukan tinggi disisiNya bagi para pejuang(da'i)Nya.Dan karakter seorang mukmin adalah aktif menyampaikan Agama Alloh,Rosululloh dan para sahabat.

Lalu,bagaimana bila seorang mukmin bersikap pasif,tak peduli dgn urusan Islam dan umat Islam,asyik dgn kepentingan dan kesenangan diri sendiri?

Sungguh, sikap pasif mengandung bahaya besar bagi umat dan pribadi pelakunya.Mari kita simak bahayanya:

1. TANDA LEMAHNYA IMAN
Rosululloh Saw berkata,"Barang siapa diantara kalian melihat kemungkaran,hendaklah merubah dgn tangannya,bila gak mampu maka dgn lisannya,bila gak mampu maka dgn hatinya,bila gak mampu maka dgn hatinya,dan itulah selemah lemah iman".(HR Muslim).
Jadi,kalau kita lihat banyak kesyirikan,bid'ah dan maksiat melanda umat,kita hanya prihatin namun tak bargerak dakwah,menunjukkan iman kita lemah.Kalau gak prihatin,gak ada iman(dihadits yg lain).

2. MEMULUSKAN JALAN ORANG2 KAFIR MENGHANCURKAN ISLAM
Pasifnya kita,menggembirakan orang2 kafir,karena takkan banyak rintangan dlm gerak dakwah mereka.Dgn demikian akan semakin mudah menghancurkan Islam.

3. MENGGEMBOSI DAKWAH DAN MENGGEMBOSI ISLAM
Dakwah adalah kerja jamaah.Rosululloh dan para sahabat berjamaah.Islam terlalu besar untuk kerja perorangan dlm dakwah.Dan Alloh Ta'ala perintahkan bekerja sama dlm dakwah dan setiap kebaikan "bertolong-tolonganlah kalian dlm kebaikan dan taqwa...".(Al Ma'idah : 2).
Nah,dgn pasifnya kita,akan melemahkan dakwah.Membuat yg lain jadi melemah dan berkurang semangatnya serta menjadikan para mad'u menjauh karena para aktifisnya sedikit.
Dakwah gembos,otomatis Islampun gembos.

4. TAWALLY BIL KUFFAR
Al wala' wal baro' adalah puncak tauhid.Setelah kita paham mana tauhid mana syirik,kewajiban berikutnya adalah berwala' kepada tauhid dan ahlu tauhid.Wala' maksudnya:cinta,dukungan,kedekatan,pertolongan.Dan baro'dari syirik(kufr) dan ahlu syirk.Baro' maksudnya:benci,berlepas diri,menjauhi,memusuhi.
Salah dlm berwala'(bertawally) dan berbaro' bisa merusak tauhid.Nah,dgn pasifnya kita,akan melemahkan dakwah dan melemahkan Islam.Memudahkan orang2 kafir hancurkan Islam.Secara tak langsung,karena sikap pasif kita,menolong kafirin menundukkan Islam.Ini tawally bil kuffar.


Inilah 'dosa2 'bagi pasifis yg gak peduli dgn dakwah dan penegakan Islam.Kayaknya memang gak melakukan 'dosa' tapi sesungguhnya pasifis melakukan suatu yg berbahaya bagi umat dan dirinya(imannya).

Karakter muslim adalah karakter nasehat,saling tolong,aktif,tak kerasan diam,risau  melihat kondisi umat yg terpuruk.Gelisah bila Islam tak tegak dan syariatnya dibuang.Kerisauan2 inilah yg membuat Rosululloh Saw dan para sahabat menyebar keseluruh penjuru bumi,menyeru umat manusia tuk tunduk pada (syariat )Alloh.

Nah,' dosa2 ' pasifis telah nyata.Walau ini baru sbagian.Dan keuntungan ' aktifis ' pun telah kita tahu diberbagai ayat dan hadits.Kini tinggal pilihan kita.Mau pilih yg mana.Aktifis atau pasifis???
(Abu Zaid Al Bulury)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar